30 Januari 2023

Gurita Bisnis Perempuan Terkaya Indonesia 2023 Dewi Kam

Perempuan Terkaya Indonesia

Dewi Kam Menjadi Wanita Terkaya Indonesia Berkat Batu Bara

Funfunrecords.com – Dewi Kam di nobatkan sebagai Perempuan Terkaya Indonesia berkat kepemilikan 10% saham di Bayan Resources. Bahkan menjadikannya pendatang baru terkaya dengan US$ 2 miliar atau setara Rp 31,2 triliun. Kam boleh jadi merupakan nama baru pada Forbes, tetapi bukan berarti newbie dalam dunia usaha Indonesia.

 

Selain Dewi Kam, terdapat Arini Subianto yang menjadi wanita terkaya RI peringkat 28 dengan harga US$ 1,lima miliar atau Rp 2,34 triliun. Arini ialah putri mendiang Benny Subianto, meninggal pada Januari lalu. Sesudah ayahnya wafat, Arini menjalani usaha keluarga yang bernilai jutaan dolar.

Baca juga: Rusia tawarkan kesepakatan damai ke Ukraina.

Deretan Bisnis Kelas Wahid Ratu PLTU Indonesia

Gurita Bisnis Perempuan Terkaya Indonesia 2023 Dewi Kam
 

Jakarta – Dewi Kam di nobatkan menjadi perempuan terkaya di Indonesia sekaligus pendatang baru pada daftar orang paling tajir di Tanah Air 2022 versi Forbes. Mengutip majalah Forbes, Kamis (29/12), meski pendatang baru, wanita yang kini berusia 72 tahun itu eksklusif menduduki urutan ke-12 dalam daftar 50 konglomerat Indonesia. Terprediksi memiliki harta sebanyak US$21 miliar atau setara Rp31,54 triliun (perkiraan kurs Rp15.774 per dolar AS).

 
1. Perusahaan Tambang Batu Bara PT Bayan

Melejitnya harga saham perusahaan tambang batu bara PT Bayan Resources Tbk sebesar 740% di desember 2022. Sampai sampai membuatnya menjadi Perempuan Terkaya No 1 RI, dengan kepemilikan saham minoritas sebanyak 10%.

 
2. PT Sumbergas Sakti Prima (SSP)

Selain Bayan, Dewi Kam eksis jua di sektor pembangunan dan pengoperasian pembangkit listrik. Faktanya Kam merupakan pemilik PT Sumbergas Sakti Prima (SSP) yg bermitra dengan PT Bosowa energi dalam proyek Pembangkit Listrik tenaga Uap (PLTU). Berlokasi di Jeneponto pada Desa Punagaya, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan.

 
3. PT Sumber Segara Primadaya (S2P)

Data Kementerian tenaga serta asal Daya Mineral (ESDM) menyebut proyek PLTU Cilacap di kembangkan oleh PT Sumber Segara Primadaya (S2P). Adapun saham perusahaan tersebut di miliki oleh PT SSP menggunakan porsi 51 % serta PT Pembangkit Jawa-Bali (PJB) sebesar 49 %.

 

PLTU ini nantinya makin memperkuat sistem kelistrikan Jawa-Bali. Lokasi Proyek perluasan ini terletak di 3 desa. Ketiga desa itu adalah Karangkandri, Menganti dan Slarang, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah dan di bangun pada atas tanah seluas 26 hektar persegi.

 
4. Birken Universal Corporation

Ternyata Dewi Kam juga terdaftar menjadi pemegang saham Birken Universal Corporation Virgin Islands Inggris.